PROGRAM LES
SESUAI STANDAR KELULUS KELAS VI
Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
Tanggal
|
1
|
Membaca
berbagai teks non sastra berupa teks sederhana, laporan, pengumuman, petunjuk
pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubric khusus, serta berbagai karya
sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak, dan drama anak
|
Menjawab
pertanyaan dengan menggunakan kata tanya apa, siapa, bagaimana atau mengapa)
Membuat
kalimat Tanya sesuai dengan isi salah satu paragraph
Menentukan
ide pokok salah satu paragraph
Menentukan
kalimat yang sesuai dengan salah satu paragraf
|
|
Menjelaskan
penggunaan obat sesuai dengan tingkatan umur
|
|
||
Menjelaskan
secara ringkas penggunaan sebuah produk
|
|
||
Menentukan
kalimat saran
|
|
||
Menentukan
isi cuplikan pengumuman
|
|
||
Menentukan
tokoh utama, menentukan latar dan menentukan amanat dari sebuah drama
|
|
||
Menentukan
kalimat utama sesuai paragraph atau bacaan
|
|
||
Menyimpulkan
isi percakapan
|
|
||
Menentukan
makna yang terkait dalam paragraph
Mengartikan
kata sulit yang terdapat dalam paragraph
Menentukan
antonym kata yang terdapat dalam paragraph
|
|
||
Menentukan
pribahasa sesuai ilustrasi
|
|
||
Menentukan
ungkapan sesuai dengan ilustrasi
|
|
||
Menentukan
isi pesan yang terdapat di dalam pantun
|
|
||
Menentukan
persamaan dari dua buah kalimat
|
|
||
Membuat
pernyataan jadwal perjalanan kereta api
Menentukan
jadwal kereta api sesuai dengan keberangkatan
|
|
||
Menentukan
isi dan maksud yang terkandung dalam puisi
|
|
||
Menyimpulkan
isi cuplikan cerita anak
|
|
||
|
|
Menentukan
isi dan memperbaiki kalimat yang salah strukturnya dalam laporan
|
|
Menentukan
topic dari percakapan dua atau tiga orang
|
|
||
Menentukan
ringkasan, tema, pesan yang terkandung dalam paragraf
|
|
||
Menentukan
paraphrase yang tepat dari puisi pendek
Menentukan
makna kata pada puisi
|
|
||
2
|
Mengungkapkan
pikiran, perasaan dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk
pemakaian, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan
ringkasan dengan menggunakan ejaan dan pilihan kata yang tepat, menulis
sebagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, paraphrase dan
pantun
|
Menentukan
petunjuk yang runtut sesuai ilustrasi
|
|
·
Mengurutkan kalimat acak menjadi kalimat padu
·
Menggabungkan dua buah kalimat dengan kata hubung
·
Melengkapi kalimat dengan kata hubung dari kalimat
rumpang
|
|
||
Melengkapi
kalimat efektif yang tepat terhadap kalimat rumpang dalam surat undangan
|
|
||
Menentukan tanda baca pada
kalimat surat
|
|
||
Melengkapi kalimat dengan
menggunakan kata depan yang tepat
|
|
||
Melengkapi kalimat yang
rumpang dalam dialog
|
|
||
Mengisi formulir sesuai
dengan data yang disajikan
|
|
||
·
Melengkapi
kalimat rumpang teks pidato
·
Memperbaiki ejaan
yang salah dalam kalimat teks pidato
|
|
||
Memperbaiki kalimat yang
sesuai terhadap kata/kalimat yang salah terhadap surat resmi
|
|
||
Membetulkan ejaan yang salah
terhadap kalimat laporan sesuai data
|
|
||
Melengkapi kalimat pantun
terhadap pantun yang belum lengkap
|
|
||
Menyusun sebuah paragraf
sesuai dengan maksud gambar
|
|
||
Melengkapi kalimat terhadap kalimat
rumpang
|
|
||
Ilmu Pengetahuan Alam
|
|||
1
|
Memahami ciri-ciri dan penggolongan hewan dan tumbuhan,
manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia, serta upaya pelestariannya
|
Menjelaskan fungsi dari
ciri-ciri khusus pada hewan dan tumbuhan tertentu
|
|
Menentukan dasar
pengelompokkan dari hewan dan tumbuhan tertentu
|
|
||
Menjelaskan manfaat
hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia
|
|
||
|
|
Menjelaskan melestarikan
tumbuhan langka
|
|
2
|
Memahami perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur
hidup hewan
|
Menentukan cara perkembangbiakan
hewan dan tumbuhan sesuai gambar dan ilustrasi
|
|
Mengidentifikasi ciri-ciri
perkembangan fisik manusia
|
|
||
Mengidentifikasi daur hidup
hewan
|
|
||
3
|
Memahami saling ketergantungan antar makhluk hidup
|
Menjelaskan contoh hubungan
antar makhluk hidup (simbiosis)
|
|
Menentukan rantai makanan
yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu
|
|
||
Menentukan peran komponen
ekosisitem berdasarkan rantai makanan
|
|
||
4
|
Memahami penyesuaian diri pada makhluk hidup serta
peranan manusia dalam keseimbangan lingkungn
|
Menjelaskan pengaruh kegiatan
manusia terhadap keseimbangan lingkungan
|
|
Menjelaskan tujuan adaptasi
pada hewan/tumbuhan tertentu
|
|
||
5
|
Memahami bagian tubuh manusia, tumbuhan dan hewan,
menjelaskan fungsinya, serta mampu agar tumbuh sehat
|
Menjelaskan fungsi organ pada
tumbuhan berdasarkan strukturnya
|
|
Menentukan bagian-bagian alat
indra
|
|
||
Menjelaskan proses yang
terjadi pada salah satu bagian-bagian alat pernafasan
|
|
||
Melakukan proses yang
dilakukan enzim/zat pencernaan yang dihasilkan oleh bagian-bagian alat
pencernaan
|
|
||
Menentukan urutan aliran
darah
|
|
||
Menentukan bagaian-bagian
kerangka manusia
|
|
||
Menjelaskan fungsi zat
makanan bagi kesehatan tubuh
|
|
||
Menjelaskan cara mencegah
berbagai penyakit
|
|
||
6
|
Memahami sifat penyusunan benda, perubahan bentuk benda
dan kegunaan, serta pengaruh shu terhadap benda
|
Menentukan jenis perubahan
wujud zat benda
|
|
Menyebutkan sifat-sifat bahan
untuk keperluan tertentu atau menyebutkan bahan dasar penyusun benda
|
|
||
Menjelaskan pengaruh suhu
terhadap benda tertentu
|
|
||
Menjelaskan peristiwa
perpidahan calor
|
|
||
7
|
Memahami hubungan antara gaya, gerak, energi dan
perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
|
Menentukan jenis gaya yang
dimanfaatkan
|
|
Mengidentifikasi gaya dapat
mengubah gerak/bentuk suatu benda
|
|
||
Menentukan jenis pesawat
sederhana yang digunakan
|
|
||
Mengidentifikasi sumber bunyi
|
|
||
Menentukan sifat cahaya
|
|
||
|
|
Menentukan perubahan energi
yang terjadi dalam peristiwa tertentu
|
|
Mengidentifikasi sumber
energi alternatif dalam kehidupan sehari-hari
|
|
||
Menentukan lampu yang
menyala/mati terhadap suatu rangkaian listrik
|
|
||
8
|
Mendeskripsikan berbagai jenis sumberdaya alam,
perubahan yang terjadi dalam penggunaannya, serta dampaknya bagi kehidupan
|
Mengidentifikasi jenis-jenis
tanah, batu
|
|
Menentukan manfaat sumber
daya alam
|
|
||
Mengidentifikasi kegiatan
manusia yang dapat merubah permukaan bumi
|
|
||
Mengelompokkan jenis
sumberdaya alam yang dapat diperbaharui dan yang tidak dapat diperbaharui
|
|
||
9
|
Memahami sistim tata surya
|
Menentukan nama-nama dan
urutan planet dalam tata surya
|
|
Menjelaskan akibat gerakan
bumi/bulan terhadap kehidupan dibumi
|
|
||
Mengidentifikasi/menjelaskan
terjadinya gerhana matahari/bulan
|
|
||
Menjelaskan dasar
penghitungan tahun masehi/tahun hijriyah
|
|
||
Matematika
|
|||
1
|
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta dapat
menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Dapat menentukan hasil
operasi hitung campuran bilangan cacah
|
|
Dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah
|
|
||
Dapat menentukan operasi
hitung bilangan bulat
|
|
||
Dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan
|
|
||
Dapat menentukan operasi
hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan
|
|
||
Dapat menyelesaikan soal
cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan lainnya
|
|
||
Dapat menemukan urutan
berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya
|
|
||
Dapat menentukan KPK dan FPB
dalam bentuk faktorisasi
|
|
||
Dapat menentukan FPB dan KPK
|
|
||
Dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan KPK
|
|
||
Dapat menyelesaikan soal
cerita yang berkaitan dengan FPB
|
|
||
|
|
Dapat menentuklan operasi
hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua
|
|
Dapat menentukan hasil
penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga
|
|
||
Dapat menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga
|
|
||
2
|
Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang,
luas dan volume waktu serta penggunaannya dalam pemecahan masalah kehidupan
sehari-hari
|
Menentukan hasil penjumlahan
dan pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang berbeda atau ukuran panjang
satuan panjang yang berbeda yang disajikan dalam soal cerita
|
|
Menyelsaikan permasalahan
yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volume
|
|
||
Menentukan penyelesaian
masalah yang berkaitan dengan ukuran berat atau satuan luas
|
|
||
Menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu
|
|
||
|
Memahami konsep, sifat dan unsur-unsur bangun geometri
dapat menghitung besar-besaran yang terkait
|
Menentukan bentuk bangun
datar dari beberapa sifat-sifat bangun
|
|
Menentukan hasil pencerminan
dari beberapa bangun dengan menggunakan kordinat
|
|
||
Menentukan unsur-unsur yang
ada pada bangun ruang (titik, sudut, sisi atau rusuk)
|
|
||
Menentukan bangun yang sama
dan sebagun
|
|
||
Menentukan jaring-jaring
bangun ruang
|
|
||
Menghitung luas bangun datar
|
|
||
Menentukan luas gabungan dari
irisan dari dua bangun datar
|
|
||
Menentukan luas lingkaran
|
|
||
Menyelesaiakan soal cerita
yang berkaitan dengan volume kubus dan balok
|
|
||
Menentukan volume prisma
segitiga
|
|
||
Menentukan volume tabung
|
|
||
4
|
Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda
dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah
|
Menentukan titik koordinat
pada bidang koordinat
|
|
|
|
|
|
Memahami konsep pengumpulan data dengan tabel dan
grafik mengurutkan data rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
|
Menentukan banyak data dari
diagram batang
|
|
|
Menentukan banyak data pada
diagram lingkaran
|
|
||
Menentukan diagram batang
dari data yang disajikan
|
|
||
Memecahkan masalah yang
berhubungan dengan data dan disajikan dalam diagran batang atau diagram lingkaran
|
|
||
Menentukan nilai rata-rata
dari data kumpulan data
|
|
||
|
|
Menentukan nilai rata-rata
dari data berbentuk tabel
|
|
|
|
Menentukan nilai median dari
sekumpulan data
|
|
|
|
Menentukan nilai modus dari
sekumpulan data
|
|
|
|
Menentukan nilai tertinggi
atau terendah dari data yang disajikan
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar