Minggu, 01 Desember 2013

Benua Asia

Menurut berbagai sumber, dijelaskan bahwa Benua Asia berada di antara 1o 16'  hingga 77o  41'  LU serta di antara 26o  04'  hingga 169o 40' BT. Total luas Benua Asia mencakup lebih kurang 44 juta km2. Apabila kalian perhatikan, Benua Asia berbatasan dengan Eropa di barat, Laut Merah dan Benua Afrika di Barat Laut, Samudra Hindia di Selatan, Samudra Pasifik di timur dan Laut Arktik di utara.
Benua Asia dikelompokkan menjadi lima kawasan, yaitu Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Beberapa istilah tersebut untuk menunjukkan kelompok negara-negara yang ada di kawasan tersebut. Sumber: Atlas Indonesia dan Dunia
1. Asia Barat
Negara-negara yang termasuk kawasan Asia Barat antara lain Arab Saudi, Israel, Palestina, Yordania, Lebanon, Syria, Iran, Irak, Kuwait, dan beberapa negara kecil di sekitarnya. Kawasan ini sering juga disebut kawasan Timur Tengah. Menurut orang Eropa letaknya di timur tetapi tidak terlalu jauh. Berikut ini adalah peta Asia Barat, untuk lebih  jelasnya, bukalah atlas!
Wilayah Timur Tengah termasuk wilayah paling bergolak di dunia. Perebutan wilayah antara Palestina dengan Israel belum berakhir hingga saat ini. Ciri khas kenampakan alam wilayah Timur Tengah yaitu tanahnya gersang, kebanyakan berupa gurun pasir atau padang pasir, cuaca  sangat panas  hingga mencapai 50o C di siang hari pada musim panas, dan sangat dingin pada musim dingin, hingga hanya beberapa derajat celcius. Bangunan abadi yang ada di wilayah ini terdapat di Arab Saudi, yaitu Kakbah di kota Mekah. Kakbah dijadikan arah salat (kiblat) bagi umat Islam.
2. Asia Timur
Negara-negara Asia Timur meliputi Cina termasuk Hongkong, Jepang, Korea, Mongolia, dan Taiwan. Orang Eropa menamakan kawasan Asia Timur sebagai Timur Jauh. Bagi orang Eropa letaknya di bagian timur sangat jauh. Republik Rakyat Cina (RRC) sebagian besar berupa wilayah bergunung-gunung, tanahnya relatif gersang. Iklimnya termasuk iklim sedang hingga dingin. Di daratan Cina Utara hidup beruang terkenal,  isebut
Panda. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal di dunia, yaitu Tembok Besar  Cina. Berikut ini  dalah peta Asia Timur, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas!
Di bagian lainnya adalah Korea. Korea terpecah menjadi dua negara sejak pertengahan abad kedua puluh. Korea Utara yang berideologi komunis dibantu oleh Uni Soviet dan RRC, sedangkan Korea Selatan dibantu oleh Amerika Serikat. Gagasan penyatuan kembali (reunifikasi) Korea terus berlangsung, tetapi sampai kini belum terwujud.
3. Asia Tengah
Asia Tengah meliputi negara-negara Tajikhistan, Turkmenistan, Uzbekhistan, dan Kazakhstan serta beberapa negara bekas Uni Soviet yang ada di bagian selatan. Tanahnya relatif gersang dan beriklim dingin. Berikut ini adalah peta Asia Tengah, untuk lebih jelasnya, bukalah atlas!
 4. Asia Selatan
Kawasan negara-negara Asia Selatan hanya sedikit, yaitu India, Pakistan, Afghanistan, Bangladesh, Sri Lanka, Bhutan, dan Nepal. Dalam beberapa atlas sering kali Afghanistan dimasukkan dalam kawasan Asia Tengah. India tengah dan utara termasuk bergunung-gunung yang relatif gersang. Lahan subur ada di bagian
selatan, di sekitar sungai-sungai besar termasuk Sungai Gangga. Kondisinya hampir sama dengan Pakistan dan Bangladesh. Bangunan buatan manusia yang sangat terkenal adalah Istana Taj Mahal yang ada di India.
Pada intinya Asia Selatan adalah satu rumpun dengan India. Pada perkembangan-nya, India kemudian pecah menjadi
beberapa negara, yaitu India, Pakistan, dan Bangladesh. India mayoritas beragama Hindu, sedangkan Pakistan Barat dan Pakistan Timur pada awalnya merupakan satu negara yang penduduknya mayoritas beragam Islam. Selanjutnya Pakistan Timur memerdekakan diri dan berganti nama menjadi Bangladesh.
Kelompok negara Asia Tenggara meliputi semua negara-negara ASEAN. Wilayah ini termasuk subur untuk pertanian. Vietnam dan Thailand bahkan sempat dijuluki gudang beras Asia Tenggara. Bangunan buatan manusia yang termasyhur adalah Borobudur di Indonesia dan Angkor Wat di Bangkok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar