Rabu, 05 Desember 2012

RPP Bahasa Indonesia



RENCANA PEMBELAJARAN

Bidang Studi               : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :  IV (Empat) / II (dua)
Alokasi Waktu             :  3 x 35 menit


A.  STANDAR KOMPETENSI
 8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak.
B. KOMPETENSI DASAR
8.1 Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll)
C. INDIKATOR
8.1.1 Menentukan tema atau topik karangan
8.1.2 Menyusun kerangka karangan
8.1.3 Menyusun karangan dengan menggunakan gambar seri
8.1.4 Merevisi karangan dengan memggunakan bahasa dan ejaan yang
         disempurnakan
8.1.5 Mengedit karangan sesuai dengan gaya bahasa
8.1.6        Membaca hasil karangan dengan intonasi yang tepat
A.  TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan penjelasan guru siswa dapat menentukan topik karangan berdasarkan gambar dengan benar
2.      Dengan peragaan gambar seri siswa dapat menyusun kerangka karangan berdasarkan urutan gambar dengan benar
3.      Dengan peragaan gambar seri siswa dapat menyusun karangan dengan menggunakan bahasa dan ejaan yang disempurnakan
4.      Dengan penjelasan siswa dapat merevisi karangan dengan bahasa dan ejaan yang benar.
5.      Dengan peragaan gambar seri siswa dapat mengedit karangan dengan gaya bahasa yang disempurnakan dengan bahasa yang runtut
6.      Dengan peragaan gambar siswa dapat menggunakan tanda baca dan huruf besar dengan memperhatikan tata bahasa
7.      Dengan penugasan siswa dapat membacakan hasil karangan dengan intonasi yang tepat di depan kelas
B.  LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.       Kegiatan Awal
1.      Menyiapkan kelengkapan pengajaran
2.      Berdo’a
3.      Mengambil Absen
4.      Menjelaskan tujuan pembelajaran
b.      Kegiatan Inti
Eksplorasi
                      i.            Prapenulisan
1.    Siswa mengamati  gambar yang dipajang guru di depan kelas
2.    Siswa menceritakan gambar yang dipajang guru di depan kelas dipandu guru
3.    Siswa menentukan topik dari tiap-tiap gambar di bimbing guru
4.    Siswa mengurutkan gambar seri yang diacak sesuai dengan perintah guru
5.    Siswa merumuskan kerangka karangan dari topik yang telah ditemukan dibimbing guru
Elaborasi
                  ii.          Penulisan
6.      Siswa mengembangkan gagasan pokok dari tiap-tiap kerangka menjadi karangan utuh.
7.      Siswa menentukan judul karangan sesuai dengan gambar seri dan tulisan yang telah dibuat berdasarkan gambar seri dan kerangka karangan
                iii.          Pascapenulisan
1.      Perbaikan
8.        Siswa menata ulang kata, dan kalimat sesuai dengan gaya bahasa yang benar.
2.      Pengeditan
9.      Siswa memperbaiki tulisan menyangkut huruf kapital, tanda baca dengan melingkari kalimat, kata, huruf, dan tanda baca yang belum sesuai dengan penulisan yang benar.

3.      Publikasi
10.  Siswa membacakan hasil karangan ke depan kelas dengan intonasi yang tepat.
c.       Kegiatan akhir
11.     Siswa dibawah bimbingan guru menyimpulkan pelajaran
12.     Guru mengumpulkan LKS
13.     Siswa mengerjakan evaluasi yang diberikan guru
14.     Guru memberikan penilaian
F.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
Dyah Sriwilujeng, 2008. Bahasa Indonesia Tematik untuk kelas 4. BSE. Depdiknas
Setiati Widihastuti dan Fajar Rahayuningsig.2008. PKN untuk kelas IV SD. BSE. Depdiknas
Amin Mustoha, 2008. Buku Matematika  BSE untuk kelas IV SD. BSE. Depdiknas
B. Alat Peraga:
1.  Gambar Seri

Media gambar seri “Jatuh dari Sepeda”

gambar 5        gambar 14

1                              2

gambar 4       gambar 15

                                        3                                                   4

G.   PENILAIAN
1.      Penilaian Proses
2.      Penilaian Hasil
3.      Prosedur penilaian
·           Proses dan akhir
4.      Jenis Penilaian
·           Sikap
·           Tertulis
5.        Evaluasi
·           Jenis tes                : tes dan non tes
·           Bentuk tess          : Pengamatan dan tulisan
·           Alat tes                 : Lembar penilaian proses dan lembar penilaian
  hasil (terlampir)
H.  METODE PEMBELAJARAN
1.      Diskusi
2.      Tanya Jawab
3.      Demonstrasi
4.      Pemberian Tugas
            Mengetahui
Kepala SDN 39 Tanjung Aur
Kec. Koto Tangah




RINI YOSNITA
NIP. 196301041986032004

Padang, Oktober 2012
Guru Pembimbing




Nurmawilis


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar