RENCANA
PEMBELAJARAN
Bidang Studi : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV (Empat) / II (dua)
Alokasi
Waktu : 3 x 35 menit
A. STANDAR KOMPETENSI
8. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi secara tertulis dalam bentuk karangan, pengumuman, dan pantun anak.
B. KOMPETENSI
DASAR
8.1 Menyusun karangan tentang berbagai topik sederhana
dengan memperhatikan penggunaan ejaan (huruf besar, tanda titik, tanda koma,
dll)
C. INDIKATOR
8.1.1 Menentukan tema atau
topik karangan
8.1.2 Menyusun kerangka
karangan
8.1.3 Menyusun karangan dengan
menggunakan gambar seri
8.1.4 Merevisi karangan dengan
memggunakan bahasa dan ejaan yang
disempurnakan
8.1.5 Mengedit karangan sesuai
dengan gaya bahasa
8.1.6
Membaca hasil karangan dengan intonasi yang tepat
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan penjelasan guru siswa dapat menentukan topik
karangan berdasarkan gambar dengan benar
2.
Dengan peragaan gambar seri siswa dapat menyusun
kerangka karangan berdasarkan urutan gambar dengan benar
3.
Dengan peragaan gambar seri siswa dapat menyusun
karangan dengan menggunakan bahasa dan ejaan yang disempurnakan
4.
Dengan penjelasan siswa dapat merevisi karangan
dengan bahasa dan ejaan yang benar.
5.
Dengan peragaan gambar seri siswa dapat mengedit
karangan dengan gaya bahasa yang disempurnakan dengan bahasa yang runtut
6.
Dengan peragaan gambar siswa dapat menggunakan tanda
baca dan huruf besar dengan memperhatikan tata bahasa
7.
Dengan penugasan siswa dapat membacakan hasil
karangan dengan intonasi yang tepat di depan kelas
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.
Kegiatan Awal
1.
Menyiapkan kelengkapan pengajaran
2.
Berdo’a
3.
Mengambil Absen
4.
Menjelaskan tujuan pembelajaran
b.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
i.
Prapenulisan
1.
Siswa mengamati
gambar yang dipajang guru di depan kelas
2.
Siswa menceritakan gambar yang dipajang guru di
depan kelas dipandu guru
3.
Siswa menentukan topik dari tiap-tiap gambar di
bimbing guru
4.
Siswa mengurutkan gambar seri yang diacak sesuai
dengan perintah guru
5.
Siswa merumuskan kerangka karangan dari topik yang
telah ditemukan dibimbing guru
Elaborasi
ii.
Penulisan
6.
Siswa mengembangkan gagasan pokok dari tiap-tiap
kerangka menjadi karangan utuh.
7.
Siswa menentukan judul karangan sesuai dengan gambar
seri dan tulisan yang telah dibuat berdasarkan gambar seri dan kerangka
karangan
iii.
Pascapenulisan
1.
Perbaikan
8.
Siswa menata ulang kata, dan kalimat sesuai dengan
gaya bahasa yang benar.
2.
Pengeditan
9.
Siswa memperbaiki tulisan menyangkut huruf kapital,
tanda baca dengan melingkari kalimat, kata, huruf, dan tanda baca yang belum
sesuai dengan penulisan yang benar.
3.
Publikasi
10.
Siswa membacakan hasil karangan ke depan kelas
dengan intonasi yang tepat.
c.
Kegiatan akhir
11. Siswa
dibawah bimbingan guru menyimpulkan pelajaran
12. Guru
mengumpulkan LKS
13. Siswa mengerjakan evaluasi yang diberikan guru
14. Guru
memberikan penilaian
F. ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
Dyah Sriwilujeng, 2008. Bahasa Indonesia Tematik
untuk kelas 4. BSE. Depdiknas
Setiati Widihastuti dan Fajar Rahayuningsig.2008.
PKN untuk kelas IV SD. BSE. Depdiknas
Amin Mustoha, 2008. Buku Matematika BSE untuk kelas IV SD. BSE. Depdiknas
B. Alat Peraga:
1. Gambar Seri
Media gambar seri “Jatuh dari Sepeda”
1 2
3 4
G. PENILAIAN
1. Penilaian Proses
2. Penilaian Hasil
3.
Prosedur
penilaian
·
Proses
dan akhir
4.
Jenis
Penilaian
·
Sikap
·
Tertulis
5.
Evaluasi
·
Jenis
tes : tes dan non tes
·
Bentuk
tess : Pengamatan dan tulisan
·
Alat
tes : Lembar penilaian
proses dan lembar penilaian
hasil
(terlampir)
H. METODE
PEMBELAJARAN
1.
Diskusi
2.
Tanya Jawab
3.
Demonstrasi
4.
Pemberian Tugas
Mengetahui
Kepala SDN 39 Tanjung Aur
Kec. Koto Tangah
RINI YOSNITA
NIP. 196301041986032004
|
Padang, Oktober 2012
Guru Pembimbing
Nurmawilis
|
|
bagus, ijin cuplik ya
BalasHapusSilakan selagi dimanfaatkan (y)
Hapus